Rahasia Kompress Video di Android tanpa mengurangi Kualitas

Ketika kita merekam sebuah momen menggunakan smartphone android dan ingin membagikan momen tersebut, terkadang muncul kendala. Yaitu ukuran video yang bisa dibilang ukuran Jumbo, atau file ukuran video yang sangat besar. Saya pernah merekam video 2 menit saja tapi sizenya sampai 600MB! wah kalau sudah kaya gini bingung mau  diapakan. Kalau dihapus, padahal momen penting kan. Yah tiada lain adalah dengan mengkompresnya (Video Compress).

Mungkin ada yang berpikir bahwa kalau mengkompres video akan memperburuk kualitas video kita. Apakah benar? Yap, benar, kalau kamu belum tau caranya, hehe.

Untuk video kompress sendiri ada 2 cara, yaitu dengan Offline dan Online. Pada kesempatan ini kita akan mencoba yang offline, menggunakan satu aplikasi android, hanya menggunakan smartphone android, tanpa PC lho ya.

Baca Juga : Mengatasi file tidak bisa disimpan di SD Card/Flashdisk

Cara Kompress Video di Android tanpa mengurangi Kualitas

kompress-video-tanpa-mengurangi-kualitas

#1 – Download dan Install VidCompact di Google PlayStore

cari-di-playstore

#2 – Setelah selesai, Buka aplikasinya. Kemudian pilih Trim & Compress.

pilih-untuk-mengkompres-video

#3 – Lalu cari video yang ingin di Kompres.

cari-video-yang-akan-di-kompres

#4 – Kamu bisa memilih resolusi yang diinginkan, bisa 240p, 360p, atau 480p. Jika sudah cocok, Klik tombol diatas kanan pojok untuk mengeksportnya.

pilih-resolusi-dan-klik-export

#5 – Setelah tap mulai kompres video, akan ada pilihahan untuk save, pilih Save to gallery

save-to-galery

#6 – Tunggu deh

tunggu-deh

Nah itu dia Rahasia Kompress Video di Android tanpa mengurangi Kualitas, sebenarnya bukan rahasia sih. Hanya saja belum banyak yang tau tentang software android ini. Terutama teman-teman terdekat kamu, iya kan?


Nah dibawah ini ada sedikit informasi, mengenai artikel yang sedang kita bahas.

Berapa resolusi yang tepat untuk merekam video di Android?

Untuk menjawab pertanyaan ini kembali lagi ke pengguna, untuk apa dan di share ke media sosial apa dibagikannya. Jika kamu ingin membuat video di youtube, kamu bisa memilih video dengan resolusi tertinggi.

Dan jika kamu hanya ingin berbagi ke Status WhatsApp, atau sekedar buat story IG saja ya tak usah tinggi-tinggi ya kan. Menggunakan resolusi tinggi hanya akan membuang-buang memori penyimpanan HP android kamu.

Pilihan terbaik adalah menggunakan resolusi rendah. Namun, tetap nyaman di tonton di HP. Bisa dengan mengatur perekam video agar menggunakan resolusi SD alias 480p.

Tapi jika kamu sudah terlanjur merekam video dengan resolusi tinggi, kamu bisa mengkompress video tersebut ke resolusi lebih rendah. Tentunya akan menghemat memori penyimpanan di HP android.

Resolusi video yang pas untuk di tonton di android adalah 480p atau kualitas SD, kualitas ini nyaman untuk di tonton untuk layar HP android yang berukuran 4”-5”.

Baca Juga : Cara cek kuota Smartfren 

Dari tadi bicara Resolusi Layar, ada yang belum tau?

Apa itu resolusi layar?

Resolusi layar adalah jumlah detail kepadatan titik atau piksel yang ditampilkan, jadi semakin tinggi resolusi maka akan semakin jernih gambar video, begitupun sebaliknya.

Berdasarkan data statistik, dari tahun 2014 konsumen smartphone lebih memilih HP android dengan layar 4 inchi keatas dan memiliki resolusi HD atau 720p.


Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dikesempatan ini, semoga bermanfaat. Terimakasih. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *