Hello sobat jejakmu! Selamat menjalankan ibadah puasa ya! Saat ini bulan puasa kita terasa berbeda lho. apa yang berbeda min? Yap saat ini kita sedang menghadapi yang namanya Pandemi Virus Corona, dan pemerintah menganjurkan kita untuk tetap dirumah saja. Tapi karena stay at home dampaknya ponsel android kita menjadi panas kan?

Dengan demikian segala aktivitas kita dilakukan didalam rumah. Nah pastinya banyak waktu luang dong, otomatis gawai kita atau ponsel android kita adalah korbannya. Semakin sering kita pakai, semakin sering dalam keadaan On, Notifikasi masuk secara terus menerus, game pun selalu terbuka dan sebagainya.

mengatasi ponsel panas
ilustrasi

Beberapa penyebab diatas merupakan salah satu yang menjadikan Ponsel android kita panas. Yuk kita bahas mengapa ponsel android kita bisa panas dan ada tips untuk kamu agar bisa tetap mengoptimalkan ponsel dimanapun berada.

Baca Juga : Daftar aplikasi untuk fix Masalah Android!

Ada beberapa faktor penyebab ponsel android cepat panas nih dari sobat Quora.

  1. CPU ( Central Procesing Unit )

CPU Yang memiliki frekuensi kerja yang rendah akan cepat menyebabkan Ponsel android tersebut panas, CPU Yaitu Central Procesing Unit adalah hardware yang bekerja untuk memproses aktifitas yang di minta oleh user atau pengguna ponsel android, Frekuensi yang kecil dan jumlah core yang sedikit akan sangat mempengaruhi kinerja dalam sebuah ponsel android maupun ponsel lain nya.

Tips : Agar ponsel tidak cepat panas? BELI BARU!

Ya beli baru, mengapa? jika anda merasa Ponsel android anda cepat panas, berarti anda orang yang suka bermultitasking di HP anda, itu sebabnya anda memerlukan kualitas CPU yang lebih tinggi seperti Snapdragon 6** ke atas. Yang memiliki core sebanyak 8 buah atau lebih, sehingga core yang bekerja banyak dan tidak akan cepat mengalami panas pada ponsel android anda.

2. GPU ( Graphic Procesing Unit )

GPU Juga sangat berpengaruh untuk kinerja pada saat bermain video game, Sehingga Jika ponsel android anda mempunyai GPU Rendah atau Process Render Yang rendah maka Ponsel android kalian akan cepat panas bahkan bisa Overheat. Apalagi jika video game yang di mainkan tersebut memerlukan render graphic yang sangat banyak, yang berarti GPU harus memerlukan tenaga ekstra untuk memproses graphic tersebut.

Tips : Jika kalian seorang gamers beli lah Ponsel android dengan kualitas GPU yang tinggi (Adreno 6** ke atas) dan juga perhatikan apakah sudah support untuk Vulkan.

NB : Pelajari lah dasar perangkat ponsel android, maka saya yakin kalian akan menemukan ponsel android yang kalian butuhkan sehingga tidak ada masalah-masalah kecil maupun besar seperti “Cepat Panas” nya Ponsel Android.

Vincent Christianto, belajar Sistem Informasi di STMIK Mikroskil (2023)

Selain itu juga adalagi pastinya.

Penyebab Android Panas

  1. Nge-Game secara terus menerus
    Yap, tentu saja kan. Ketika kita asik main game, misal PUBG, setelah bermain setengah jam atau sat jam kita sudah bisa merasakan hangatnya ponsel android kita.
    Tips untuk mengatasinya adalah kita harus istirahatkan sejenak ponsel kita, selang 1 jam istirahatkanlah sekitar 10 menitan, sekalian istirahatkan juga mata kita, kalau ponselnya aja yang sehat namun mata kita tidak, wah sayang sekali kan.
  2. Streaming dalam waktu yang lama
    Terkadang waktu begitu cepat habis ketika kita mantengin yang namanya Youtube, Vimeo, atau platform video streaming lainnya. Selain embuat waktu kita habis, ternyata hal ini salah satu penyebab ponsel kita menjadi panas lho. Karena penggunaan layar dan data secara terus menerus. Solusinya? Sama seperti poin nomor 1, istirahatkanlah.
  3. Terlalu banyak aplikasi berjalan secara serentak
    Pada poin ini biasanya terjadi ketika kita sedang mengerjakan tugas, atau menulis sesuatu dengan sekalian membuka referensi. Misal membuka Note untuk mencatat tugas, otomatis kita membuka juga aplikasi Chrome, Edmodo, Whatsapp kan? Ya hal ini wajar saja sih, tapi jika terjadi selama beberapa jam wah pasti ponselmu akan cepat panas.

Kesimpulan

Yap segitu saja informasinya, sebenarnya masih banyak hal-hal atau penyebab mengapa ponsel android kita menjadi panas. Tapi pada intinya, semua aktivitas yang kita lakukan dengan ponsel kita dengan pemakaian yang tidak wajar ya, otomatis hp kita akan cepat panasya. Jadi, kalau bermain gawai, tetap ingat waktu ya!