Pijar Psikologi Menyambut Hari Kesehatan Mental Dunia

Selamat Datang di Bulan Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia!

Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober, diperingati sebagai salah satu bentuk perjuangan pembangkitan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan mental. World Federation for Mental Health (WFMH) atau Federasi Kesehatan Mental Dunia mengangkat tema khusus untuk memperingati hari Istimewa ini setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, WFMH mengangkat tema “Kesehatan Mental di Tempat Kerja”.

Tahukah Anda?

10% dari populasi orang bekerja mengambil cuti dengan lantaran depresi

94% tanda-tanda depresi ibarat kesulitan berkonsentrasi dan sulit menciptakan keputusan, yang muncul di episode depresi menghipnotis kinerja dan produktivitas yang signifikan bagi karyawan

36 hari kerja hilang di setiap episode depresi yang dialami karyawan

0,1% hingga 4,2% pendapatan negara hilang lantaran orang bekerja dengan depresi memaksakan hadir di daerah kerja meski dalam kondisi kurang baik

Amerika Serikat sudah merugi 91 juta USD lantaran menurunnya produktivitas kerja akhir depresi

Sudah Saatnya Lingkungan Kerja Mendapatkan Perhatian

Beberapa statistik ini sudah mengatakan bahwa menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja menjadi hal yang krusial. Sudah saatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental mulai digalakkan, terutama di Indonesia. Tidak adanya data ilmiah yang mengatakan statistik serupa ibarat di atas khusus di Indonesia, sudah menjadi indikator topik ini masih disepelekan. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, seberapa jauh daerah kerja Anda sudah mendukung kesehatan mental Anda?

Sehat tidak hanya perihal kesehatan fisik. Kesehatan mental memainkan peranan yang sama penting, terutama lantaran kesehatan mental juga sanggup menghipnotis kesehatan fisik seseorang. Akses masyarakat bekerja terhadap akomodasi kesehatan mental harus sanggup diberi kemudahan. Penciptaan lingkungan kerja yang ramah terhadap kesehatan mental perlu diperhatikan. Mulailah menghapus stigma dan perilaku negatif perihal gangguan mental di daerah kerja. Semua mungkin terjadi dan gangguan mental tidak pernah menentukan kulit. Karyawan biasa hingga direktur, berpotensi mengalami problem kesehatan mental di daerah kerja.

Pijar Psikologi Turut Menjalankan Misi

Dalam perjuangan mendukung misi WFMH dan menegakkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental di daerah kerja, Pijar Psikologi akan mendedikasikan satu ahad khusus untuk membahas tema ini. Terhitung mulai tanggal 9-15 Oktober, seluruh post Pijar Psikologi akan mengulas lebih lanjut alasan tema ini menjadi penting dan segala sesuatu yang sanggup dilakukan untuk memastikan pesan dari tema ini tersampaikan. Tersampaikan terutama untuk generasi usia kerja di Indonesia ketika ini.

Kami berharap, langkah permintaan sederhana lewat banyak sekali media umum ini, sanggup menjadi pengingat banyak sekali lapisan masyarakat bahwa kesehatan mental di daerah kerja sudah seharusnya menerima perhatian lebih.

Pijar Psikologi terdaftar di situs WFMH sebagai bab dari organisasi yang mendukung kampanye Hari Kesehatan Mental Dunia 2017 bersama dengan organisasi lainnya dari seluruh dunia. Selengkapnya sanggup dilihat di sini.

Ingin menyebarkan perihal kesehatan mental di daerah kerja Anda? Kirimkan goresan pena Anda kepada kami! Perubahan besar selalu dimulai dari langkah kecil. Publikasi dongeng Anda akan membantu misi meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan mental di daerah kerja di Indonesia. Bisa jadi, dongeng Anda juga akan memberi ide untuk banyak orang di luar sana. Anda sanggup mengirimkan goresan pena Anda ke sini.

Kami menantikan partisipasi Anda, lantaran seberkas cahaya sanggup munculkan sejuta asa.

Salam berpijar untuk negeri!

Let others know the importance of mental health !