Erotomania : Bukan Cinta Biasa

Sebagai seorang manusia, sudah sewajarnya bila mempunyai rasa sayang dan cinta kepada sesama. Salah satu hal terindah dalam hidup pun niscaya saat kita merasa dicintai oleh seseorang. Akan tetapi, rasa cinta dapat bermetamorfosis duduk kasus bila sudah menjadi sebuah gangguan bahkan penyakit.

Kayaknya Dia Suka Sama Aku, Deh

Namanya yakni sindrom Clerambault atau lebih gampang disebut dengan erotomania. Erotomania yakni gangguan ilusi atau khayalan perasaan bahwa ia dicintai oleh orang lain. Orang dengan gangguan erotomania merasa bahwa orang yang dianggap menyayangi dirinya ingin memulai suatu korelasi yang erat dan berkomunikasi secara rahasia. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa sikap baik seseorang yang dianggap menyayangi dirinya yakni bentuk dari rasa perhatian, kasih sayang, dan cinta.

Selain istilah erotomania, ada pula istilah phantom lover syndrome. Phantom lover syndrome merupakan jenis lain dari erotomania. Phantom lover syndrome juga merupakan sebuah gangguan ilusi bahwa seseorang merasa dicintai oleh orang yang disukainya. Namun, seseorang itu sebetulnya tidak ada.

Mungkin beberapa orang menganggap erotomania hanya terjadi pada seorang penggemar terhadap idolanya. Sebenarnya, gangguan ini dapat terjadi pada siapa saja. Perasaan bahwa merasa dicintai oleh seseorang dapat dialami oleh banyak sekali kalangan, menyerupai merasa dicintai oleh sobat satu sekolah atau rekan kerja di kantor.

Erotomania banyak terjadi pada perempuan dengan presentasi kasus sebanyak 69.1%. Perempuan dengan gangguan erotomania biasanya merasa disukai oleh seseorang yang umurnya lebih renta dan mempunyai status sosial yang tinggi. Sementara pada laki-laki, cenderung merasa disukai oleh seseorang yang umurnya lebih muda daripada dirinya dan mempunyai ketertarikan secara seksual.

Contoh Kasus Erotomania

Sebut saja Mrs. X. Seorang wanita berusia 51 tahun dirawat di bangsal kejiwaan Rumah Sakit Beatriz Angelo dengan diagnosis erotomania. Mrs. X merasa dicintai oleh mantan bosnya dan merasa bahwa suaminya yakni penghalang hubungannya dengan mantan bos.

Selain kasus Mrs. X, ada pula kasus Mr. Y yang hingga diproses pengadilan. Mr. Y yang berusia 50 tahun tersandung kasus terus menerus menguntit seorang perempuan dalam beberapa tahun terakhir. Dia menganggap tuduhan yang diberikannya yakni salah satu rencana seseorang untuk menggagalkan dongeng cintanya.

Penguntit Handal

Kegiatan yang sering dilakukan oleh orang dengan erotomania adalah menjadi penguntit atau stalker di media sosial. Tidak jarang pula, mereka akan melaksanakan hal-hal yang berbahaya hanya untuk melindungi seseorang yang dianggap menyukai dirinya.

Mungkin kau pernah merasa kalau orang yang kau suka juga menyukaimu walau kenyataannya tidak menyerupai itu. Meskipun begitu, jangan pernah eksklusif mengklaim diri sendiri atau orang lain mengalami erotomania. Harus tetap ada investigasi yang dilakukan oleh psikolog untuk mengetahui kebenaran bahwa seseorang mempunyai erotomania.

Mencintai dan dicintai yakni sesuatu yang diinginkan setiap orang. Setiap orang tentu mempunyai kebutuhan untuk diakui terutama kaitannya dengan perasaan cinta. Akan tetapi, hal tersebut jangan hingga menjadi gangguan bahkan penyakit untuk dirimu.

Daripada kau menduga-duga, tidak ada salahnya loh bila perasaanmu diungkapkan sekarang. Semoga beruntung!

Let others know the importance of mental health !