Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella

Cara Membuat Spagheti – Halo, bikin main course yuk! Olahan nasi? Hemm, kayanya sudah biasa ya. Kalau masak masakan Italia ada yang suka ga ya? Kalau aku sih sukaak banget! Apa lagi kemarin sempet makan pasta yang enak banget di sebuah resto. Jadi kebayang-bayang terus nih 😀

Awalnya sih aku pengin bikin spagheti atau spaghetti bolognese saja yang mudah dan praktis dibuat. Tapi pengin coba-coba membuat spaghetti ala resto yang kemarin aku icip-icip. Walaupun hasilnya ga secantik a la restauran, tapi kalau soal rasanya mah ga jauh. Hehehe 🙂

Baca Juga : Resep Cara Membuat Lasagna Enak Praktis

Oh iya, berbicara pasta makanan asal Italia ini ada beberapa jenis nya. Sebenernya bahan utama atau bahan dasar pembuatnya sama-sama berasal dari tepung. Hanya saja yang membuat beda adalah bentuk dan modelnya saja, sesuai dengan peruntukan masakannya. Aneka jenis pasta yang sering kita jumpai adalah Farfalle, Conchiglioni, Canneloni, Lasagna, Fusilli, Macaroni, Penne dan yang paling terkenal di Indonesia adalah Spaghetti.

Lalu apa sih spageti / spagheti / spaghetti itu? Versi Wikipedia spagheti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah maupun matang.

Cara menikmatinya pun bervariasi, tapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti ala Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut dan juga kreasi terbaru adalah spageti carbonara.

Cicipi Juga : Resep Membuat Macaroni Panggang Super Enak Praktis

Nah sekarang sudah tambah pengetahuan tentang pasta Italia kan? Lanjut ke cara membuat spagheti meatball dan mozarella ala aku ya. Karena aku pengin yang istimewa jadi aku tambahin meatball homemade yang aku olah sendiri. Yah, walaupun agak menyita waktu yang lumayan. Tapi rasa lelah rasanya hilang pas makan suapan pertama spagheti meatbal mozarella ini. Rasanya mantap!

Daripada penasaran dan mengandai-andai, langsung saja yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Spagheti Meatball Mozarella

Cara Membuat Spagheti By Bunda Bukibuk Cookpad 

Bahan-bahan Spagheti :

  • Pasta spagheti 2 porsi (Kalau aku pakai merek Spagetiku ukuran 30 x 400 gram. Kemarin lagi banyak di diskon pasta di TokoWahab.com jadi nyetok di rumah deh. Rasanya enak dan teksturnya lebih kenyal karena dibuat dari gandum berkualitas)
  • Saus bolognese ukuran besar 1 buah
  • Light olive oil 5 sendok makan (bisa di ganti minyak goreng)
  • Daging sapi cincang 50 gram
  • Bawang bombay 1 buah, cincang kasar
  • Bawang putih 4 siung, cincang halus
  • Garam, gula pasir, merica bubuk, dan penyedap rasa (optional) secukupnya

Bahan-bahan Meatballs (bola-bola daging) :

  • Daging sapi cincang 100 gram
  • Bawang bombay 1/2 buah, cincang halus
  • Bawang putih 1 siung, cincang halus
  • Keju cheddar parut 20 gram
  • Telur 1 butir
  • Tepung roti 40 gram
  • Light olive oil 2 sendok makan (bisa di ganti minyak goreng)
  • Garam, merica, gula dan penyedap rasa (optional) secukupnya

Bahan Taburan / Pelengkap :

  • Keju mozarella parut secukupnya (Aku pakai merek Achor Mozxarella Cheese, kemarin aku beli di Toko Wahab juga, lumayan dapat harga grosir. Membantu sekali nih produk-produk yang di tawarkan oleh TokoWahab.com, komplit, murah dan pelayanan oke)
  • Parsey segar cincang secukupnya

Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella :

  • Langkah awal rebus pasta dalam air mendidih yang diberi garam dan sedikit minyak. Masak hingga al dente. Angkat, sisihkan.
  • Meatballs : Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan kecoklatan, masukkan ke dalam wadah, campurkan semua bahan meatballs, aduk rata. Koreksi rasa, dan tambahkan jika ada bumbu yang kurang. Selanjutnya bentuk bulat sebesar bakso. Panaskan olive oil, lalu goreng sampai kecoklatan, sisihkan.
  • Saus bolognese : Panaskan olive oil, masukkan bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis sampai bawang bombay layu. Masukkan daging sapi cincang tumis sampai matang, kemudian masukkan saus bolognese. Beri gula, garam, merica dan penyedap rasa. Cicipi, koreksi rasa sesuaikan dengan selera.
  • Langkah berikutnya taruh spaghetti di atas piring saji, taburi mozarella cheese dan meatball panas-panas. Lalu taburkan irisan parsley cincang. Sajikan cepat, nyuuumi!


Jangan Lewatkan : Resep Macaroni Schotel Praktis

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep dan Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella. Semoga bermanfaat, silahkan SHARE Bun 🙂
Sumber http://harianresep.blogspot.com/

Cara Membuat Resep Sate Taichan Senayan

Resep Sate Taichan Senayan – Sate taichan dari beberapa bulan lalu memang sedang jadi salah satu trend jajanan yang ngehitz di Jakarta. Khususnya di daerah Senayan.

Setahu saya, pertama kali adanya sate taichan memang hanya ada di restauran Senayan. Jadi tak aneh lagi kalau sate ayam yang berwarna putih pucat mengkilat ini memiliki julukan sate Senayan.

Awalnya saya kira sate taichan senayan sama seperti yakitori alias sate ayam Jepang, sate klatak dan sate lilit Bali. Eh ternyata beda ya. Perbedaan terletak di bumbu dan cara penyajian.

Cicipi Juga : Resep Sate Daging Kambing Goreng Favorit Presiden Ala Pak Budi

Menurut saya, resep sate taichan senayan ini merupakan jenis sate ayam yang gampang dan praktis sekali dibuat. Kenapa begitu, soalnya sate taichan tidak menggunakan bumbu kacang a la sate padang, sate ayam dan kambing Madura yang berjibun bahan bumbunya. Biasanya kalau sate kan ciri khasnya di bakar dengan olesan kecap manis dan bumbu kacang ya.

Berbeda dengan resep sate taichan senayan ini, karena sate taichan tidak menggunakan bumbu kacang dan kecap sama sekali. Tapi untuk marinasi daging ayam, cukup menggunakan sedikit minyak sayur, kucuran air jeruk nipis dan penyedap rasa atau bubuk kaldu ayam dan sapi. Aduk dan diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap, baru deh di bakar sampai matang di atas bara api, teflon maupun happy call.

Baca Juga : Resep Membuat Sate Klatak Khas Jogja Enak

Kalau mau yang lebih medok bumbunya, bisa ditambahkan 1 siung bawang putih yang di haluskan dan lada bubuk sesuai selera. Kalau saya sih penginnya untuk sate rasanya yang ringan, tapi untuk rasa kuatnya lebih asik di bumbu sambal taichan yang super pedas. Untuk sambal taichan bisa disesuaikan dengan selera, kalau saya sih sukanya yang super judes pedasnya. Bisa di bilang level setan hihihi.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Sate Taichan seperti berikut ini. Cekidot!

Step by Step Membuat Resep Sate Taichan a la Cafe Senayan

 Sate taichan dari beberapa bulan lalu memang sedang jadi salah satu trend jajanan yang ng Cara Membuat Resep Sate Taichan Senayan
instagram.com/the.lucky.belly

Jl Kelapa Hibrida Raya Blok RA3, No.24 Kelapa Gading Jakarta Utara
Harga Rp 20.000,-

Bahan Bumbu Sate :

  • Dada ayam 1 buah (250 gram), potong dadu
  • Air jeruk nipis 2 sendok makan
  • Penyedap rasa (royco rasa ayam atau sapi) 1 sendok makan
  • Secukupnya minyak sayur

Bumbu Sambal Sate Taichan :

  • Cabai rawit 7 buah
  • Cabe merah 15 buah
  • Tomat 1/4 buah (bisa pakai tomat kecil 1 buah)
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Air 50 mili liter
  • Gula pasir 1/2 sendok teh (bisa diganti gula merah / gula Jawa)
  • Lada putih bubuk / merica 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak secukupnya, digunakan untuk menumis

Cara Membuat Sate Taichan ala Abang Senayan :

  1. Langkah awal, potong dadu daging ayam, kemudian lumuri dengan air perasaan jeruk nipis, sedikit minyak sayur dan penyedap rasa (bubuk kaldu ayam). Lalu diamkan sampai bumbu meresap, kurang lebih selama 15 menit.
  2. Selanjutnya tusuk-tusuk daging ayam yang sudah di potong-potong tadi dengan tusukan sate (sujen bambu), lalu bakar sampai daging berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.

Proses Membuat Sambal Sate Taichan Pedas :

  1. Uleg halus atau blender semua bahan sambal. Kemudian tumis dengan minyak goreng.
  2. Tumis sampai cabai benar-benar matang dan tidak bau langu. Jika sambalnya terlalu kental maka boleh ditambahkan sedikit air lagi sampai mendapatkan sambal dengan kekentalan yang diinginkan.
  3. Koreksi rasa, kalau ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera. Angkat, matikan api kompornya.

Saran Penyajian Sate Taichan :

  1. Pertama-tama tata rapih sate di atas piring saji lengkap dengan lalaban seperti daun selada, potongan mentimun, irisan tomat, kol dan kemangi lalu sajikan bersama sambal dalam keadaan terpisah dengan sate.
  2. Atau bisa juga dengan mencampurkan sate ke sambal, kemudian sajikan bersama lalaban lengkap bersama potongan lontong / ketupat maupun nasi putih hangat.
  3. Boleh ditambahkan bawang merah goreng jika suka. Mantap!

Tips Membuat Sate Taichan :

  1. Kepedasaan sambal bisa di sesuaikan dengan selera ya, jadi penggunaan jumlah cabe bisa di atur sesuai keinginan.
  2. Jika tidak ada alat bakar, bisa menggunakan wajan datar anti lengket (teflon) dan happy call.

Daging ayam berbeda denga daging sapi, kambing maupun seafood seperti kepiting dan cumi yang boleh dikonsumsi setengah matang. Kalau daging ayam harus benar-benar matang, tidak boleh di konsumsi setengah matang atau hampir matang.

Karena daging ayam setengah matang mengandung banyak bakteri yang bisa membuat sakit perut bahkan diare serius. Jadi di sarankan, Bunda wajib bakar atau panggang daging sate taichan sampai benar-benar matang.

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Sate Tahu Ayam Bakar Istimewa 

Jika suka, kini juga ada kreasi sate taichan goreng yang tak kalah lezatnya dengan sate taichan bakar original pada umumnya.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Resep Sate Taichan Senayan. Semoga bermanfaat 🙂
Sumber http://harianresep.blogspot.com/

Resep Tempura Sayur Kriuk Tepung Sajiku Praktis

Resep Tempura Sayur Kriuk – Sore ini lagi pengin buat camilan praktis yang bisa juga untuk lauk. Bingung mau bikin apa, pas lihat kulkas cuma ada sayuran saja. Tadinya mau saya bikin capcay, tapi bakso, sosis, udang dan daging lagi tidak ada stok. 
Bingung mau bikin apa, terus kepikiran ingin dibuat bakwan goreng, kan enak tuh hujan-hujan makan yang anget-anget. Tapi kata mamah pengin makan menu baru, akhirnya bikin tempura saja deh yang enak dan gampang di buat.
Tempura ini memang paling mudah di buat dengan bahan apa pun ya bun. Wong cuma di balut dengan tepung bumbu racikan homemade. Kalau pengin super praktis bisa pakai tepung bumbu siap pakai. Tapi hati-hati dan perhatikan tepung bumbu instan yang mau di pakai. Soalnya suka ada merk tepung bumbu yang rasanya kurang pas di lidah, alias rasanya kurang nendang. 
Kebetulan kali ini saya pakai tepung bumbu Sajiku yang sachet 80 gram dua bungkus. Tepung ini pas di olah bersama sayuran, udang, daging ayam atau sapi. Rasanya enak, dan menurutku krispi nya mantap. Untuk tempura sayur, saya pakai sayuran yang ada di kulkas. Mulai dari jamur tiram, wortel, terong dan bayam. Selain sayuran tersebut sebenarnya bisa menggunakan sayuran apapun, bahkan buah-buahan juga oke.
Untuk sayuran yang paling mudah dan enak dibuat tempura selain sayuran yang saya sebutkan di atas adalah sawi, brokoli, buncis, daun pepaya, paprika hijau, kuning, merah bahkan cabai merah dan cabai hijau besar. Kalau mau buat tempura cabai, jangan lupa isian cabai yaitu bijinya di buang terlebih dahulu agar rasanya tidak pedas. Hati-hati saat mengluarkan biji cabainya, jangan lupa gunakan sarung tangan agar tangan tidak ikutan pedas.
Sedangkan untuk buah-buahan yang paling enak di buat tempura adalah buah apel, lemon dan pir. Terlepas dari itu silahkan berkreasi sendiri dengan bahan favorit untuk di buat tempura sesuai selera. Bahkan hanya dengan tahu, tempe juga enak loh di masak tempura. Oke, langsung saja ya, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Tempura Sayur a.k.a Vegetable Tempura yang enak dan crispy seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Tempura Sayur Goreng Kriuk

 Sore ini lagi pengin buat camilan praktis yang bisa juga untuk lauk Resep Tempura Sayur Kriuk Tepung Sajiku Praktis

Bahan-bahan Tempura :

  • Jamur tiram 8 buah (cuci bersih)
  • Daun bayam 1 ikat (saya ganti pakai brokoli)
  • Wortel 1 buah (cuci bersih, potong-potong)
  • Terong 1 buah (cuci bersih, potong-potong)
  • Tepung bumbu Sajiku 80 gram 2 bungkus
  • Air es 8 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus :

  • Cabai merah 1 buah, cincang halus
  • Saus sambal 1 sendok makan
  • Saus tomat 1 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Air 50 mili liter

Cara Memasak Tempur Sayur :

  1. Saus : masukkan air, saus sambal, saus tomat, cabai merah dan gula pasir, aduk rata, sisihkan.
  2. Adonan Basah Tempura : Larutkan 2 sendok makan Tepung Bumbu Sajiku dengan 8 sendok makan air es. 
  3. Adonan Kering Tempura : Tuang sisa tepung ke wadah lainnya.
  4. Selanjutnya balut sayuran ke adonan basah, kemudian gulingkan ke adonan kering sampai rata.
  5. Kemudian langsung goreng sayuran dengan minyak panas, masak sampai matang dan bewarna kuning keemasan, angkat, tiriskan.
  6. Sajikan tempura sayur dengan saus selagi hangat. Mantap!
Tempura sayur ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang tidak suka dengan olahan tempura udang, tempura cumi dan tempura ayam. Rasanya yang khas dengan rasa gurih yang crispy memang layak untuk di favoritkan. Sajikan tempura sayuran untuk si kecil yang tidak terlalu doyan sayur. Bunda bisa kreasikan sebagai isian Shushi, menu bekal anak sekolah atau sebagai salah satu menu bento sederhana.
Oh iya, selain menggunakan resep sambal yang saya bagikan, bunda juga bisa cocolkan tempura sayur ini ke saus sambal botolan, mayonaise, sambal kecap pedas manis ataupun sekedar kecap asin. Sajikan hangat-hangat bersama nasi putih pulen lengkap dengan sambal, pasti maknyus deh.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Tempura Sayur Kriuk Tepung Sajiku Praktis. Jangan lewatkan Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy yang lebih renyah karena menggunakan tepung roti sebagai bahan pelapisnya.
Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya bun, terimakasih 🙂


Sumber http://harianresep.blogspot.com/

Resep Sate Daging Kambing Goreng Favorit Presiden Ala Pak Budi

Resep Sate Daging Kambing Goreng – Satu lagi olahan sate yang wajib dicoba. Bernama sate goreng, makanan ini merupakan salah satu kreasi dari olahan sate daging yang ada di Indonesia. Jika biasanya sate identik berupa potongan daging kecil yang ditusuk-tusukan ke tusukan bambu. Seperti sate kambing, sate padang dan Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap.
Berbeda dengan sate goreng yang memiliki julukan sate tanpa tusukan ini dibuat tanpa dibakar di atas arang, tanpa tusukan bambu atau tusukan dari besi seperti layaknya Resep Membuat Sate Klatak Khas Jogja Enak. Namun untuk membuatnya cukup diberi bumbu sate saja kemudian di oseng seperti akan membuat gulai kambing, Tongseng Kambing Khas Solo dan daging masak bumbu kecap.
Untuk membuat sate goreng bisa menggunakan daging apa saja ya bun. Mulai dari daging kambing, sapi dan ayam. Semua olahan daging ini selalu enak di masak sate goreng. Namun menurut saya yang rasanya paling nendang dan lezat ketika dimasak menjadi sate goreng adalah daging kambing. Maka tak aneh lagi jika banyak orang yang menyukai sate daging kambing goreng, tak terkecuali mantan bpk Presiden Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono.
Beliau suka sekali dengan olahan sate daging kambing goreng yang merupakan salah satu menu andalan di warung sederhana Pak Budi. Warung Pak Budi ini adalah rumah makan dengan hidangan kambing yang cukup populer di Jakarta. Selain terkenal dengan sate goreng kambingnya, di sana juga ada menu Gulai Kambing yang terkenal memiliki bumbu gurih nan sedap. 
Nah, dari pada harus jauh-jauh pergi ke Jakarta hanya untuk mencicipi lezatnya sate daging kambing goreng Presiden ala Warung Pak Budi, mending buat sendiri di rumah yuk bun. Resep sate daging kambing goreng yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini cukup mudah di pratekan di rumah loh. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau dimana-mana, jadi wajib dicoba!
Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Sate Daging Kambing Goreng homemade super enak dan simple yang cocok untuk menu makan siang dan malam yang special. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Sate Daging Kambing Goreng

 Satu lagi olahan sate yang wajib dicoba Resep Sate Daging Kambing Goreng Favorit Presiden Ala Pak Budi
Resep dan Cara Membuat Sate Daging Kambing Goreng

Bahan-bahan Sate Goreng :

  • Daging kambing 250 gram (dapat dicampur dengan jeroan)
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabe rawit utuh 5 buah
  • Minyak samin atau margarin 3 sendok makan
  • Tomat hijau (tomat sayur) 3 buah, iris kasar
  • Kecap bango 5 sendok makan
  • Lada bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air 100 mili liter

Bumbu Sate :

  • Bawang putih 5 siung
  • Ketumbar 2 sendok teh
  • Kemiri 5 buah
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Gula merah 100 gram
  • Asam jawa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Bahan Pelengkap :

  • Tomat merah 2 buah, iris kasar
  • Kol 100 gram (iris halus)

Step By Step Membuat Sate Daging Kambing Goreng :

  1. Bumbu Sate : haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan daun jeruk. Kemudian campurkan gula merah, asem jawa dan air, kemudian tambahkan kecap manis. 
  2. Sate Goreng Kambing : Potong daging lalu celupkan ke dalam parutan nanas selama 5 menit. Angkat, lalu lumuri daging dengan bumbu sate. Sisihkan.
  3. Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak samin atau margarin sampai tercium aroma sedap, kemudian tambahkan cabai rawit utih dan tomat, aduk rata.
  4. Setelah itu masukkan daging kambing yang sudah dilumuri bumbu sate tadi, aduk rata sampai berubah warna. Tambahkan kecap manis, aduk rata.
  5. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk kembali sampai bumbu meresap. Masukkan lada dan garam secukupnya, aduk rata, angkat.
  6. Resep sate goreng kambing siap disajikan bersama irisan kol dan tomat. Nyumiii!
Rahasia agar daging kambing empuk adalah dengan di rendam dengan parutan nanas terlebih dahulu. Namun jika di rumah tidak ada nanas tak perlu direndam nanas tak apa, asalkan memasak dagingnya sedikit lama agar hasilnya empuk sempurna. Jika bunda mengikuti langkah membuatnya dengan benar, hasil akhir dari masakan kambing goreng ini sangat enak, empuk dan lezat.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sate Daging Kambing Goreng Favorit Presiden Ala Pak Budi. Semoga bermanfaat 🙂


Sumber http://harianresep.blogspot.com/

Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko

Cara Membuat Nachos – Menurut Wikipedia Nachos atau nacho merupakan salah satu makanan a la Tex-Mex yaitu Tekan dan Mexican yang berasal dari Meksiko bagian Utara. Versi nachos sederhana makanan ini terdiri dari keripik tortila jagung yang permukaannya disiram dengan keju cair dan parutan keju. Karena memiliki rasa yang enak dan gurih, banyak orang yang menyantap nachos tortilla chips sebagai camilan ketika bersantai.
Sedangkan untuk nachos versi komplit, makanan ini bisa di kreasikan dengan berbagai isian lezat yang bisa dihidangkan sebagai makanan utama atau sarapan di pagi hari. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk melengkapi nachos bisa berupa daging sapi/ayam cincang, potongan cabai atau lada meksiko, bawang bombay, salsa (saos dari potongan tomat, bawang bombay, cabai, bawang putih dan daun cilantro), guacamole (saos dari buah avokad), kacang merah yang dimasak dua kali (ala meksiko), sour cream (krim bewarna putih yang rasanya asam) serta potongan buah tomat dan daun selada.
Resep dan cara membuat nachos tortilla chips ini sebenarnya cukup simple dan mudah dibuat, dengan bahan-bahan yang terjangkau dan mudah ditemukan dimana-mana. Namun yang membuat saya tidak mengerti kenapa harga seporsi makanan Meksiko seperti Enchiladas, Quesadilas, Taco, Burrito atau bahkan yang super mudah seperti nachos memiliki harga yang sangat mahal di restoran Meksiko? Padahal cara membuatnya super gampang dan bahan-bahanya pun termasuk ekonomis.
 Menurut Wikipedia Nachos atau nacho merupakan salah satu makanan a la Tex Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko
Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko
Bagi bunda yang penasaran akan nachos ala Meksiko ini saya sarankan untuk membuatnya sendiri saja di rumah. Soalnya dari pada merogoh kocok dalam-dalam untuk seporsi nachos kan sayang ya bun. Mending uangnya untuk kebutuhan rumah tangga lainnya #versi emak-emak zzzzzzzzzzzzzz 😀
Agar lebih mudah dan praktis keripik tortila yang digunakan dalam resep dan cara membuat nachos Meksiko ini saya gunakan tortilla siap makan yang dijual dalam kemasaran di mini market atau super market terdekat. Cukup gunakan 1 bungkus keripik jagung tortilla dengan harga sekitar Rp 10.000.- saja, urusan tortilla chips beres deh. Tapi kalau bunda ingin mencoba membuat tortilla chips homemade buatan sendiri bisa cek resepnya di sini Resep Cara Membuat Keripik Jagung Keju Renyah.
Tortilla chips yang memang sudah memiliki rasa gurih original dan sambal balado, membuat tortilla chips snack enak di makan dengan saus apa saja. Jadi tak aneh lagi kalau nachos memiliki banyak kreasi rasa yang menggoda. Seperti nachos chips Bolo Jalapeno, snack nachos cheese bologneses, hotdog braised lamb with nachos & coleslaw, minced beed nachos, nachos with cheese sauce (nachos saus keju), nachos salsa sauce, nachos tomat keju, easy nachos sour sauce, nachos BBQ (Baberque) dan nachos simple.

Resep dan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips Meksiko 

 Menurut Wikipedia Nachos atau nacho merupakan salah satu makanan a la Tex Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko
Resep dan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips Meksiko
Resep Nachos By Mustika Indah W Cookpad

Bahan-bahan Nachos :

  • Tortilla chips (saya pakai happytoz)
  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Daging giling 200 gram
  • Tomat 2 buah (rebus lalu potong dadu)
  • Pasta sauce secukupnya
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air 100 mili liter
  • Margarine 1 sendok makan
  • Bubuk oregano secukupnya (opional)
  • Mayonaise secukupnya untuk topping

Step By Step Membuat Nachos Simple Rumahan :

  1. Panaskan margarine, lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan tomat.
  2. Setelah itu masukkan daging giling, tambahkan garam, merica, pasta saus (bisa diganti saus tomat), air dan bubuk oregano. Cicipi rasa, jika ada yang kurang bisa disesuaikan dengan selera. (saya menambahkan sedikit air perasaan jeruk nipis biar segar).
  3. Jika saus sudah matang, siramkan saus di atas tortilla chips yang sudah ditata rapih dipiring saji. (Bisa juga tambahkan thousand island untuk menambah citarasa yang kaya).
  4. Nachos sederhana yang simple dan mudah dibuat siap untuk dinikmati. Nyam!
Ini adalah cara membuat nachos simple yang sering saya buat di rumah. Tak butuh waktu lama untuk membuatnya, soalnya super praktis dan gampang sekali dibuat. Saus nachos ini bisa digunakan untuk menemani spagetti, macaroni, burritos dan untuk olesan pizza juga oke loh bun.
Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko. Jangan lewatkan camilan terbaru lainnya dari Harianresep.blogspot.com seperti Cara Membuat Risoles Amerika Isi Mayo Special yang layak untuk dicoba. 
Semoga bermanfaat ya bun, silahkan share 🙂


Sumber http://harianresep.blogspot.com/

Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special

Resep Cumi Woku Tinta Belanga – Versi Wikipedia woku adalah bumbu makanan ala Manado, provinsi Sulawesi Utara Indonesia yang terbuat dari berbagai macam bumbu dan biasa digunakan untuk memasak daging dan hidangan laut. Daging yang digunakan mulai daging sapi, ayam, bebek dan ikan seperti ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, udang, kepiting serta cumi-cumi. Di Minahasa, Sulawesi Utara kini terdapat dua jenis woku, yaitu woku balanga (masakan woku yang dimasak dengan belangga) dan woku daun (masakan woku yang dimasak dalam daun).
Konon masakan woku mendapatkan namanya dari daun woka. Daun Woka adalah salah satu jenis daun lontar yang sering dipakai untuk pembungkus nasi. Jika ditelusuri lebih jauh lagi, dalam sejarah kuliner Manado, bumbu woku adalah bumbu masakan campuran ala Manado yang kaya rasa dengan ciri khas pedas. 
Bagi bunda yang bukan asli Manado pasti bertanya-tanya, bumbu woku itu terbuat dari apa saja sih? Sebenarnya bumbu woku menggunakan bumbu dapur yang sering kita gunakan untuk memasak sehari-hari. Bumbu dapur tersebut di antara lainnya adalah daun kemangi, daun jeruk, daun pandan, kunyit, serai, daun bawang, tomat, cabe rawit, jahe dan bawang putih. Untuk membuat woku belanga / balanga harus menggunakan panci atau kuali untuk menunis / menggoreng bumbu hingga matang.
Umumnya bumbu halus dan bumbu rajang ditumis terlebih dahulu di dalam kuali dengan menggunakan sedikit minyak, kemudian masukkan aneka daging, binatang laut atau bahan lainnya yang akan dimasak woku sampai matang. Nah, pada kesempatan kali ini harianresep.blogspot.com akan membagikan salah satu masakan woku yang patut untuk dicoba. Kali ini kami akan menggunakan cumi yang dimasak dengan bumbu manado yaitu Cumi Woku Tinta Belanga.
Kenapa disebut cumi woku tinta? Karena dalam pembuatan cumi masak pedas ala bumbu Manado ini kami menggunakan sedikit tinta cumi ke dalam bumbunya. Sebenarnya tak harus menggunakan tinta cumi atau bahkan malah menggunakan tinta hitam cumi yang banyak ke dalam bumbunya. Semua sesuai selera saja, kalau dalam resep cumi woku tinta ini kami menggunakan sedikit ya.
Untuk aroma sedapnya, selain menggunakan daun jeruk dan daun kunyit di sini kita juga akan menggunakan daun kemangi. Penggunaan kemangi bisa di atur sesuai dengan selera. Jika tidak ada skip saja daun kemanginya tak apa-apa, tetap enak dan wangi khas woku kok. Karena bumbu rempah yang digunakan sudah cukup komplit sebagai bumbu woku yang sedap.
Oke deh, yuk langsung saja bun di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado seperti berikut ini.

Step By Step Cara Membuat Cumi Woku Tinta Belanga

 Versi Wikipedia woku adalah bumbu makanan ala Manado Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special
Resep Cumi Woku Tinta By Bunda Junetha Cinthya Cookpad

Bahan-bahan Cumi Woku :

  • Cumi-cumi segar 8 buah
  • Cabe rawit hijau 2 buah
  • Cabe rawit merah 2 buah
  • Cabai merah besar 1 buah
  • Kunyit bubuk 1/8 sendok teh (bisa diganti kunyit segar 1/2 ruas jari)
  • Sereh 1 batang
  • Daun bawang 1 batang
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Tomat cherry 4 buah (bisa diganti tomat biasa 1 buah)
  • Minyak goreng 5 sendok makan
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Bawang merah 6 siung
  • Jahe 1 ruas jari kelingking
  • Daun kemangi secukupnya
  • Tinta cumi sedikit saja atau sesuai selera

Cara Membuat Cumi Woku :

  1. Langkah pertama bersihkan cumi, potong-potong lalu sisihkan.
  2. Bumbu Halus : blender bawang merah, kemiri, cabe rawit, cabe besar dah jahe. Sisihkan.
  3. Selanjutnya iris tipis daun bawang / bawang prei dan potong-potong tomat, sisihkan.
  4. Setelah itu siapkan panci yang sudah berisi minyak goreng. panaskan, masukkan sereh yang sudah digeprek, bumbu halus yang diblender tadi dan daun jeruk. Tumis sampai tercium aroma sedap. Masukkan potongan cumi-cumi, aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata. Tambahkan air secukupnya, masukkan daun kunyit dan tomat aduk rata. Tambahkan garam, gula dan bubuk kunyit, aduk kembali hingga merata. Masak sampai mendidih, lalu tambahkan irisan daun bawang dan kemangi.
  5. Aduk rata dan terus masak sampai air agak sedikit berkurang, matikan kompor. Angkat.
  6. Cumi woku tinta balanga siap untuk sajikan hangat-hangat. Nyam!
Cumi-cumi yang biasa dimasak Resep Membuat Cumi Saus Tiram Enak Mudah, cumi rica, cumi saus padang, cumi pedas, Cumi Asin Cabai Hijau, cumi goreng crispy, enak juga loh di masak dengan bumbu woku seperti ini. Rasanya segar dengan aroma rempah yang khas woku. Paling enak disajikan ketika masih hangat bersama nasi putih pulen. 
Oh iya dalam Resep Cumi Woku Belanga ini kami menggunakan sedikit tinta cumi. Tidak semua dan tidak yang harus menjadi hitam. Kami gunakan tinta cumi hanya untuk menambah aroma dan rasa saja. Kalau ingin banyak tintanya juga tak masalah, jadi tergantung selera masing-masing ya bun. Untuk penggunaan cabai juga begitu, silahkan atur jumlahnya sesuai selera. Jika suka pedas ya tinggal tambahkan saja dari pedas, pedas banget dan super pedas 🙂
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Cumi Woku Tinta Belanga Khas Manado Special. Semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share ya bunsay 🙂 makasih.


Sumber http://harianresep.blogspot.com/

Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy

Resep Onion Ring – Versi Wikipedia, bawang bombay atau bawang bombai (Latin : Anilium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan dan seringkali dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan yang memiliki bentuk bulat besar dan berdaging tebal. Bawang bombai ini biasanya digunakan untuk bumbu masak makanan di Indonesia. Tak hanya itu bawang bombay yang dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai) di India ke Indonesia ini juga sering digunakan sebagai hiasan masakan.
Pada umumnya bawang bombay ini masuk kedalam masakan tumisan, aneka saus, sup dan gorengan. Misalnya sebagai bumbu untuk membuat saus asam pedas manis di Resep Membuat Ayam Kuluyuk Enak Mudah, sup ayam, tumis sayur, Sapo Tahu atau digoreng dengan tepung berbumbu yang terkenal dengan sebutan Crispy Onion Ring. Bawang bombay goreng atau crispy onion ring ini banyak disajikan di restauran Jepang dan restauran fres chicken layaknya KFC dan Mcdonald’s.
Biasanya onion ring renyah ini dihidangkan bersama tempura goreng, ayam goreng tepung layaknya ayam goreng Ketucky dan Resep Chicken Katsu Ala Hoka-hoka Bento Enak Praktis. Rasanya yang enak, gurih serta manis dari bawang bombay memang layak untuk di favoritkan. Anda bisa menyantap onion ring kriuk dengan saus sambal botolan, saus tomat, mayonaise serta sambal pedas sesuai selera.
Selain terkenal di Indonesia, makanan sejenis bawang bombay goreng tepung crispy ini juga populer di luar negeri, disana menyebutnya Onion Blossom. Hanya bedanya pengolahan onion blossom ini dengan cara memotong-motong kecil bawang bombay perkelopaknya dengan alat khusus sehingga menyerupai bunga yang mekar, terus baru deh dicelup adonan basah yang terbuat dari terigu, susu, telur dan bumbu-bumbu lainnya lalu goreng. Onion blossom ini bisa jadi menu pembuka atau camilan ala resto steak dan pasta.
Berbeda dengan Onion Ring balut tepung goreng kriuk ini. Untuk membuatnya onion ring harus dipotong-potong melingkar dulu kemudian lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring. Setelah itu celupkan ke adonan basah dan kering lalu digoreng sampai matang. Hasil akhirnya nanti jadi mirip dengan Resep Membuat Cumi Goreng Tepung Empuk Renyah Diluar yang beberapa waktu lalu kami bagikan.
Nah, dari pada penasaran akan renyah dan gurihnya onion ring, mending langsung buat saja untuk camilan di rumah. Keluarga pasti suka deh.. berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) nya. Mari disimak 🙂

Resep Onion Ring dan Cara Membuatnya

 adalah jenis bawang yang paling banyak dibudidayakan dan seringkali dipakai sebagai bumbu Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy
Resep Onion Ring By Na Kitchen Cookpad dan Emergency Recipes 

Bahan-bahan Onion Ring :

  • Bawang bombay besar 1 buah
  • Tepung terigu 2 cangkir
  • Tepung maizena 2 sendok makan
  • Tepung roti/panir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya (royco)
  • Air es secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah Membuat Crispy Onion Ring :

  1. Pertama-tama iris bawang bombay berbentuk lingkaran dan lepas satu persatu hasil potongan sehingga bawang menjadi banyak. Lalu rendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit.
  2. Adonan Kering : Buat adonan kering, caranya dengan mencampur tepung terigu, tepung maizena, royco, garam, merica dan aduk sampai rata. Kemudian tiriskan bawang yang sudah direndam dan balur bawang dengan sedikit adonan tepung yang dibuat tadi, lalu taruh bawah di wadah kosong.
  3. Adonan Basah : Masukkan air es ke dalam adonan kering dan aduk sampai rata. Buat adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer. Kemudian celupkan bawang ke dalam adonan, lalu balur dengan tepung roti/panir.
  4. Setelah dibalur dengan tepung roti makan goreng sampai bewarna kecoklatan. Goreng dengan api kecil agar tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan.
  5. Onion ring homemade special renyah siap dinikmati selagi hangat dengan dicocolkan sambal atau mayonaise pilihan.
Untuk membuat onion ring atau bawang bombay goreng tepung renyah sebenarnya memiliki 2 versi. Yang pertama dengan menggunakan tepung bumbu Sajiku atau tepung bumbu KFC Sasa yang siap pakai. Tepung berbumbu ini nantinya dibuat 2 adonan yaitu adonan kering dan basah. Setelah itu tinggal goreng hingga krispi. 
Untuk yang kedua adalah seperti Resep Onion Ring yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini. Yaitu dengan meracik tepung bumbu rumahan sendiri. Menurut kami dengan meracik tepung bumbu sendiri rasanya lebih maknyussss dan gurih. Disini kita menggunakan tepung komplit yang terdiri dari tepung terigu, maizena dan tepung panir. Kalau ingin praktis bisa pakai tepung beras saja yang diracik dengan garam dan lada bubuk.
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy.
Jangan lupa like dan bagikan artikel ini ke bunda lainnya ya ..
Semoga bermanfaat 🙂


Sumber http://harianresep.blogspot.com/