Ayah, Hadirmu Sepanjang Usiaku

Ayah, hadirmu membuatku tetap percaya bahwa masih ada satu laki-laki yang tidak akan pernah membiarkanku bersedih

Ayah, hadirmu membuatku tetap tenang lantaran saya tahu kamu niscaya tidak akan membiarkanku menelan kekecewaan sendirian

Dan, kamu Ayah.. hadirmu membuatku percaya bahwa masih ada laki-laki yang mencintaiku di dunia ini

Mungkin sebagian dari Anda masih punya anggapan bahwa pengasuhan anak lebih dititikberatkan pada kiprah seorang Ibu. Padahal, baik Ayah maupun Ibu mempunyai kiprah sama penting. Hanya saja, memang ada bagian-bagian yang mungkin dianggap lebih pas dilakukan oleh seorang Ayah atau Ibu. Seperti halnya mengandung ataupun menyusui, sudah terperinci itu kegiatan yang tidak sanggup dilakukan oleh seorang Ayah, bukan?

Dalam rangka menyambut hari Ayah Nasional, Pijar akan mencoba membahas wacana kiprah seorang Ayah terhadap pengasuhan anak. Yuk simak pembahasannya!

Menjadi Seorang Ayah

Siapa bilang hanya wanita yang senang dikala tahu bahwa ia hamil? Untuk seorang laki-laki, mereka juga ikut senang dikala mengetahui bahwa istrinya tengah mengandung. Mereka yang senang dikala istrinya hamil merasa bahwa menjadi seorang Ayah membuatnya menjadi laki-laki seutuhnya.

Ada (calon) Ayah yang bahagia, maka ada pula (calon) Ayah yang tidak bahagia. Perasaan tidak senang tersebut disebabkan lantaran adanya rasa cemas, takut, frustrasi, tertekan, dan lain sebagainya. Salah satu hal penyebab seorang (calon) Ayah mengalami frustrasi salah satunya dikala dianggap pasif oleh perawat profesional yang sedang bertugas mengurus istrinya yang sedang hamil.

Keterlibatan seorang Ayah dalam masa kehamilan seorang Ibu sangatlah penting. Stres atau tidaknya seorang Ibu hamil, sanggup dilihat dari seberapa terlibat Sang Ayah pada masa kehamilan. Salah satu keterlibatan yang sanggup Ayah lakukan dikala Sang Istri hamil yaitu dengan mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. Dengan begitu, Sang Ibu sanggup lebih mempunyai jam istirahat.

Ayahku Pahlawanku

Peran seorang Ayah tidak berhenti hingga di situ. Peran seorang Ayah tetap akan diharapkan selama seorang anak tumbuh dan berkembang. Fase penting lainnya yang menuntut kehadiran seorang Ayah yaitu dikala anak perempuannya mengalami pubertas.

Sarah Hill, salah satu Psikolog di Texas, menyampaikan bahwa anak wanita yang dikala mengalami pubertas kehilangan sosok seorang Ayah akan lebih rentan terkena perkara hamil di luar nikah. Tentu saja hadirnya seorang Ayah yang dimaksud yaitu kehadiran seorang Ayah yang positif. Ketika hadirnya seorang Ayah bersifat negatif, maka tidak ada bedanya dengan seorang Ayah yang memang tidak hadir sama sekali.

Semoga pembahasan kali ini sanggup sedikit membantu Anda memahami arti penting seorang Ayah. Baik Ibu maupun Ayah, mempunyai kedudukan yang sama pentingnya dalam pengasuhan seorang anak. Peran yang penting dalam pembentukan janin hingga tumbuh dewasa.

Sampaikan salam kami kepada Ayah Anda. Kepada para Ayah di mana pun kalian berada, kami ucapkan Selamat Hari Ayah! Semoga Ayah selalu diberikan kesehatan untuk menjalankan kegiatan sehari hari. Bahagia selalu ya, Ayah!

Let others know the importance of mental health !